Friday, October 28, 2011

Hubungan Antara Masalah Penduduk dengan Perkembangan Kebudayaan

Penduduk, masyarakat dan kebudayaan adalah tiga aspek social yang tidak bias dipisahkan, karena ketiganya memiliki keterkaitan yang sangat erat. Masyarakat maupun kebudayaan tidak akan tercipta kalau tidak ada penduduk. Sementara itu manusia perlu untuk mengembangkan eksistensinya sehingga penduduk membutuhkan kebudayaan dan masyarakat yang merupakan media dimana penduduk dapat mengekspresikan aspek sosialnya. Selain itu, penduduk juga membutuhkan kebudayaan sebagai wahana bagi penduduk untuk mengembangkan dan mencapai potensi sebagai manusia.

Penduduk adalah semua orang berdomisili di wilayah geografis suatu Negara selama enam bulan atau lebih atau yang kurang dari enam bulan tetapi bertujuan untuk menetap.
Sedang masyarakat memiliki banyak pengertian menurut beberapa ahli sosiologi dunia. Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan (Selo Sumardjan).
(Karl Marx) Masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok kelompok yang terbagi secara ekonomi. Masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif pribadi pribadi yang merupakan anggotanya (Emile Durkheim), dan beberapa pendapat ahli sosiologi lainnya.
Budaya atau Kebudayaan adalah cara hidup yang dimiliki bersama oleh suatu kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk oleh banyak unsur yang rumit termasuk system agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya merupakan pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak dan luas. Unsur kebudayaan terdiri dari sistem mata pencaharian hidup, ilmu pengetahuan atau teknologi, bahasa, system kepercayaan, system organisasi social, kesenian, dan perlengkapan dan peralatan hidup manusia.

Referensi :
http://mziadilmi.blogspot.com/2010/10/hubungan-antar-masalah-penduduk-dengan.html
http://imadwaulat.wordpress.com/2011/10/11/mengkaji-hubungan-antar-masalah-penduduk-dengan-perkembangan-kebudayaan/
http://nilamwahyuni.blogspot.com/2010/10/hubungan-antara-pendudukmasyarakat-dan_25.html

No comments:

Post a Comment