Tuesday, November 22, 2011

Up


Film cartoon yg memenangkan 2009 Teen Choice Award dengan kategori Comedy ini menceritakan tentang seorang kakek penjual balon yang bernama Carl Fredricksen yang ingin mewujudkan impian isterinya (Ellie) yang ingin tinggal di Paradise Falls, sebuah daerah yg tak pernah di jamahi manusia kecuali sang petualang yg mereka kagumi Charles Muntz. Petualangan Carl Fredricksen bermula ketika Ellie meninggal karena terserang penyakit, Carl tinggal sendiri sebatangkara. Karena faktor umur, tak ada hal yg bisa ia lakukan kecuali tinggal dan di asuh di panti jompo, dan ia tidak ingin melakukan hal itu karena tidak ingin meninggalkan rumahnya.
Sampai suatu hari Carl berinisiatif ingin membawa rumahnya ke Paradise Falls di Amerika Selatan dengan menggunakan ribuan bakhan puluh ribuan balon terbang. Tetapi petualangannya itu tidak berlangsung lancar, karena seorang petualang cilik bernama Russell ikut dalam perjalanan Carl, dan keikut-sertaan Russell karena faktor ketidak-sengajaan.
Awalnya Russell yg ingin melengkapi lencana petualangnya ingin membantu Carl mencari seekor binatang yg mengganggu Carl di pekarangan rumahnya, dan ternyata Russell sedang mencari bintang itu ketika Carl akan berangkat bersama rumahnya. Di awal perjalanan, mereka bertemu dengan Cumulonimbus, yaitu awan badai yg bisa memecahkan balon2 udara tersebut. Mimpi buruk Carl tidak sampai disana, ketika Carl tertidur karena kecapekan menyelamatkan benda2 di rumahnya, Russell membawa rumah tersebut tepat di daerah yg tak dijamahi yg ingin di datangi Carl, tetapi itu masih jauh dari Paradise Falls. Mereka harus berjalan untuk sampai kesana.
Di perjalanan, Russell bertemu dengan seekor burung yg belum pernah ditemui sebelumnya dan ingin memeliharanya, ternyata burung tersebut adalah burung yg dicari2 Charles Muntz sebagai barang bukti kalau dia tidak berbohong telah memanipulasi kerangka binatang. Bertahun2 Charles Muntz disana untuk menangkap burung tersebut. Betapa terkejutnya Carl ketika bertemu dengan petualang yg dia kagumi, tetapi Charles yg tidak biasa hidup dengan manusia dan membenci orang karena tidak mempercayainya tidak menyukai Carl dan apalagi Carl dituduh ingin membawa burung yg dinamai Russell "Kevin" itu. Akhirnya karena Charles menemukan burung tersebut di atap rumahnya Carl, ia memerintahan pasukan anjingnya untuk menangkap Carl, Russell dan burung tersebut.
Ketika Carl akan melarikan diri, seekor pasukan anjing yg ada di pihak Carl (Dug) menolong Carl melarikan diri. Akan tetapi, Charles berhasil menangkap burung tersebut dengan umpan membakar rumah Carl. Carl yg hanya mementingkan keinginannya sendiri membiarkan Kevin dibawa pergi oleh Charles, dan fokus akan tujuan utamanya yaitu membawa rumahnya ke Paradise Falls, setelah berjalan berjam-jam akhirnya Carl berhasil membawa rumah tersebut ke dekat Paradise Falls (air terjun), akan tetapi Russell membencinya karena dia tidak peduli akan burung tersebut.
Dan sesuatu membuat Carl berubah, yaitu ketika dia membaca buku petualangan isterinya dan isterinya berpesan "Terimakasih untuk petualangan, sekarang lakukan petualangan lainnya!". Carl lalu ingin mencari Kevin, dan ketika memanggil Russell, anak tersebut telah pergi sendiri untuk mencari Kevin dengan bantuan beberapa balon udara. Carl lalu membuang semua perabotan rumahnya agar rumahnya dapat terbang. Berdua dengan Dug, Carl mencari Russell dan balon terbang yg membawa Kevin. Carl berhasil menemukan dan menyelamatkan Kevin dan mengembalikan Kevin ke habitat aslinya, sedangkan Charles mati karena terjatuh dari balon udaranya. Akhirnya Carl hidup bersama Russell di kota. Selesai

No comments:

Post a Comment