Friday, April 27, 2012

Tips dan Trik Menggunakan Fasilitas Search Engine

      Para pengguna atau user internet seringkali mencari artikel atau web menggunakan search engine, dan terkadang mereka tidak puas dengan hasil pencarian yg keluar pada search engine. Agar kita mendapatkan artikel atau web yg kita inginkan melalui search engine, ini lah beberapa tips dan triknya.

1. Jangan menggunakan kata kunci yang terlalu umum
    Coba anda pikirkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila anda hanya memasukkan kata kunci telescope dalam mesin pencari? Jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu. Maka, lebih baik menggunakan kata atau kalimat yg lebih spesifik

2. Masukkan keyword secara singkat namun jelas
    Kata kunci yg spesifik bukan berarti panjang lebar kan? Anda bisa menyingkat kata kunci pencarian tersebut tetapi jelas, karena kalau terlalu panjang dan tidak jelas bisa bisa artikel atau web yg anda cari malah tidak keluar sama sekali atau mungkin yang keluar berbeda dengan yang di harapkan

3.Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh
   Beberapa mesin pencari mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat. Kata kunci yang diapit oleh tanda kutip biasanya akan memberikan hasil yang lebih akurat.
 
4. Gunakan mesin pencari yang tepat
    Sebagian mesin pencari saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu, banyak pula pengelola situs mesin pencari yang kolaps, lantas tidak lagi mengupdate databasenya. Untuk saat ini, Yahoo dan Google merupakan pilihan yang paling terpercaya.

5. Gunakan operator Boolean 
    Kata kunci “AND”, “OR”, “NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik.

6. Manfaatkan Direktori
    Beberapa mesin pencari menyediakan fasilitas direktori yang akan membawa anda ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian. Mesin pencari yang menggunakan direktori antara lain adalah Yahoo, Lycos, dan Altavista. Untuk mencari informasi yang berkaitan dengan Indonesia, disarankan untuk menggunakan direktori lokal Indonesia, misalnya Catcha, SearchIndonesia, Naver, atau Incari.

7. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari anda

    Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Sementara itu, mesin pencari semacam MetaCrawler mengirimkan perintah pencarian ke beberapa mesin pencari sekaligus dan menampilkan hasilnya dalam satu halaman. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.

8. Gunakan fungsi “Find” pada browser anda

    Ketika mesin pencari mengantarkan anda pada halaman tertentu, anda belum tentu langsung menemukan apa yang anda cari disana. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble yang anda lakukan membawa anda ke halaman Apa dan Siapa di bagian astronomi pada situs ini. Jangan lantas kebingungan dulu ketika di halaman ini anda tidak menemukan artikel yang anda cari. Gunakan fungsi “Find” [Ctrl-F] pada browser anda dan ketikkan Hubble. Nah, kini anda bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment