Friday, May 10, 2013

Resume : Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

  • Permintaan : adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau diminta pada suatu waktu tertentu dan tingkat harga tertentu. Dengan hukumnya "Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun makan jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan."
Faktor yang memengaruhi permintaan adalah : selera, pendapatan konsumen, jasa pengganti, jasa pelengkap, perkiraan harga di masa depan, intensitas kebutuhan konsumen.




  • Penawaran : sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan tin gkat waktu tertentu atau keadaan keseluruhan dari penjumlahan antara harga dan jumlah penawaran. Dengan hukumnya "Bila tingkat harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, sedangkan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan turun."
Faktor yang memengaruhi penawaran adalah : biaya produksi dan teknologi yang digunakan, tujuan perusahaan, pajak, ketersediaan barang pengganti atau pelengkap, prediksi atau perkiraan harga di masa depan.

  • Harga : perwujudan nilai tukar atas suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang. Pergeseran harga keseimbangan terjadi ketika adanya perubahan permintaan, dan penawaran.

No comments:

Post a Comment